Blog Archives

KISI-KISI UN SD-SMP-SMA-SMK PLB 2012/2013

Setelah mendengar di media kabar kalau Kisi-kisi UN sudah bisa didownload, langsung aja deh saya cari. Akhirnya dapat juga kisi-kisi UN 2013 yang lengkap. Semoga bisa membantu dalam belajar.

Download Kisi-Kisi UN SD 2013

KISI-KISI UN SD 2013

Dowmload Kisi-Kisi UN SD 2013

KISI-KISI UN SMP-SMA-SMK 2013

TAULADAN : TERIMA KASIH USTADZ

Masih teringat dalam ingatan, bangunan putih di samping masjid bertuliskan ‘Madrasah roudlotul Muttaqin’. Dilihat dari kondisi dan modelnya semua orang pasti tahu bahwa bangunan tersebut sudah sangat tua. Terbayang wajah imut saat itu, bapak menuntunku ke dalam. “ustad ajarin anak saya ngaji ya..” pinta bapak kepada pengajar berharap anaknya bisa ikut mengaji.

gambar : republika.co.id

Kelas pun dimulai. Masing-masing dari kami (saya dan teman-teman sekelas) mendapatkan buku kecil secara gratis. Iqro satu, buku pertama yang saya pegang saat itu.

Kelas begitu sangat ramai, dengan hanya satu ruangan tapi para pengajar bisa membuat 5 kelas tanpa sekat di dalamnya. Setiap kelas terdiri kurang lebih 15 anak. Bisa dibayangkan 75 anak berumur 3-15 tahun berkumpul di dalam ruangan yang sama. Saking penuhnya ruangan madrasah, kelas 6 dan kelas 7 terpaksa harus menempati teras masjid (yang besar=yang mengalah sama adik-adiknya).

Tahun berganti tahun, masing-masing dari kami naik jenjang. Berurutan dari kelas 1 naik ke kelas 2 kemudian kelas 3 dan seterusnya. Beberapa tahun belajar bersama di madrasah, mengenalkan kami pada berbagai macam sosok pengajar yang pernah mengajar kami di kelas. (more…)

PELAJARAN BERHARGA : PENDIDIKAN DI BALIK JERUJI BESI

penddikan lapas

antarafoto.com

Menjalani masa hukuman di penjara merupakan bentuk konsekuensi pelaku atas perbuatan yang dilakukan. Berada jauh dari dunia luar yang bebas, tentu merupakan hal yang berat, terutama bagi para pelaku kejahatan yang masih berusia di bawah 18 tahun.

Namun, ternyata para anak didik penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) tetap mendapatkan pendidikan dan berbagai keterampilan selama menjalani masa hukuman mereka. Lapas anak pria Tangerang misalnya, menampung andik berusia 12-18 tahun, sehingga jenjang pendidikan yang ada di sana pun mulai dari SD hingga SMA.

Ibu neneng, salah seorang guru pengajar di lapas tanggerang. Menceritakan berbagai pengalamannya mendidik anak-anak lapas. “pendidikan di lapas ini memiliki aura yang berbeda. Setiap anak memiliki latar belakang masa lalu yang berat. Mungkin banyak orang akan memandang mereka sebagai manusia yang menakutkan. Tetapi saya tetap menganggap mereka sebagai anak didik yang pantas mendapatkan pendidikan dan perhatian.”

Kegiatan pendidikan di lapas tidak ubahnya seperti sekolah umum lainya. Bahkan bisa dibilang pendidikan di lapas tanggerang ini memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang lengkap dari kegiatan keagamaan, pertanian, peternakan, konveksi, otomotif, jurnalistik sampai seni.

Dengan adanya pendidikan di lapas ini, kita semua berharap bahwa anak-anak yang pernah menyandang status sebagai anak lapas ini bisa mendapatkan kesepatan hidup yang sama dengan anak-anak pada umumnya, memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan tentunya menjadi manusia yang seutuhnya.

CERITA BANG DODDY TENTANG TAWURAN DAN SOLUSINYA

“Berikut tulisan Bang Doddy tentang tawuran. Beliau juga menawarkan beberapa solusi untuk penyakit sosial satu ini. cekidot!!…”

Tulisan ini tidak bermaksud latah ikutan para pakar yang mengulas soal tawuran anak sekolah, khususnya peristiwa meninggalnya Alawy siswa kelas x SMA 6 akibat tawuran SMA 70 dengan SMA 6. Bukan juga karena saya alumni dari SMA 70 lantas merasa paling tahu, cuma saya rasanya gerah juga dengan komentator dan ulasan yang asal bunyi, kelihatan tidak mendalami akar dan pokok permasalahan yang sebenarnya terjadi.

Sedikit flashback ke tahun 1988, saat saya baru saja memakai seragam baru putih abu – abu. Bagi remaja di Jakarta, masuk SMA 70 jelas sebuah kebanggaan. Sekolah favorit gitu lho. NEM nya harus diatas 41, dari SMP saya saja Cuma tiga orang termasuk saya yang lolos. Hari pertama masuk sekolah, berangkat naik bis S 74 dari rumah saya di Tanah kusir, turun di halte bulungan depan kantor kejaksaan. Saya pastikan diri saya berpenampilan serapih mungkin. Bibir pun entah kenapa tidak bosan melebar manis. Makin dekat ke pintu gerbang sekolah, makin lebar saja ini bibir tersenyum.

Tiba – tiba mendadak sontak, keadaan berubah 180 derajat. Entah bagaimana awalnya, kerah baju baru saya kusut direngut, disusul bentakan nyaring, “Ngapain lo cengar cengir, nantangin gua? Mau jadi jagoan?” Plak!!Kepala terhuyung karena di keplak. Welcome to the jungle! Alhasil saya bisa lolos dari trouble maker, kakak kelas saya sendiri setelah dipaksa metraktir semangkuk mie ayam di kantin. Dan siang itu dengan perasaan masih shock, saya hanya minum es teh manis saat jam istirahat.

Persoalan ternyata tidak berhenti disitu. Setelah habis waktu keluar main, ketika baru duduk dibangku, datanglah prahara kedua. Segerombolan anak Laskar julukan angkatan diatas kami, masuk kelas dan mulai menebar teror. Mulai dari bentakan, cipratan ludah hingga tamparan mendarat di pipi semua siswa laki – laki. Teror baru berakhir setelah guru datang. (more…)

REFLEKSI : KARENA HIDUP TAK BISA DIHABISKAN DENGAN BERDIAM SAJA!!

Optimistic life | citb.iprock.com

Yah…Orang-orang yang banyak menganggur dalam hidupnya, pasti akan menjadi penebar isu dan desas desus yang tak bermanfaat. Itu karena akal pikiran kita selalu melayang dayang tak tahu arah. Dan,

{Mereka rela berada bersama orang-orang yang tidak pergi berperang.}  (QS. At-Taubah: 87)

Saat paling berbahaya bagi akal kita adalah manakala pemiliknya menganggur dan tak berbuat apa-apa. Orang seperti itu, ibarat mobil yang berjalan dengan kecepatan tinggi tanpa sopir, akan mudah oleng ke kanan dan ke kiri.

Bila pada suatu hari kita mendapatkan diri kita menganggur tanpa kegiatan,
bersiaplah untuk bersedih, gundah, dan cemas! Sebab, dalam  keadaan kosong itulah pikiran kita akan menerawang ke mana-mana; mulai dari mengingat kegelapan masa lalu, menyesali kesialan masa kini, hingga mencemaskan kelamnya masa depan yang belum tentu kitaalami. Dan itu, membuat akal (more…)

MENGENAL KONSEP METABOLISME DAN ENERGI (REVIEW)

Belajar biologi kelas XII, masih ingat saat itu membahas masalah mengenai metabolisme makhluk hidup. Salah satu pelajaran yang paling abstrak yang pernah saya temui. ternyata memang benar, sebagian besar siswa dan guru mengganggap pelajaran metabolisme merupakan konsep yang rumit dan abstrak.

Jadi, alangkah baiknya kita coba me-review konsep mengenai metabolisme. Tentunya agar lebih mudah dalam memahami seluruh konten materi yang disajikan dalam Bab ke-III kelas XII ini. cekedot..

Konsep Metabolisme dan Energi

Setiap sel yang hidup merupakan miniatur industri kimiawi, dimana ribuan reaksi kimia terjadi di dalam ruang mikroskopis. Keseluruhan proses kimiawi suatu organisme disebut metabolisme (dari bahasa Yunani metabole yang artinya “berubah”). Secara sederhana kita dapat mengangap metabolisme suatu sel sebagai suatu rangkaian reaksi-reaksi kimia. Reaksi kimia ini tersusun dalam jalur-jalur metabolisme yang diawali oleh substrat dan menghasilkan suatu produk akhir. Reaksi kimia ini terjadi sedemikian rumitnya dengan tujuan mengubah molekul-molekul kimia yang melibatkan peran enzim di dalamnya. Enzim mengarahkan aliran materi melalui jalur-jalur metabolisme dengan cara mempercepat setiap tahapan reaksi secara selektif. Analog dengan lampu lalu lintas yang mengontrol aliran lalu lintas dan mencegah kemacetan. (more…)

%d bloggers like this: