PELAJARAN BERHARGA : PENDIDIKAN DI BALIK JERUJI BESI

penddikan lapas

antarafoto.com

Menjalani masa hukuman di penjara merupakan bentuk konsekuensi pelaku atas perbuatan yang dilakukan. Berada jauh dari dunia luar yang bebas, tentu merupakan hal yang berat, terutama bagi para pelaku kejahatan yang masih berusia di bawah 18 tahun.

Namun, ternyata para anak didik penghuni lembaga pemasyarakatan (lapas) tetap mendapatkan pendidikan dan berbagai keterampilan selama menjalani masa hukuman mereka. Lapas anak pria Tangerang misalnya, menampung andik berusia 12-18 tahun, sehingga jenjang pendidikan yang ada di sana pun mulai dari SD hingga SMA.

Ibu neneng, salah seorang guru pengajar di lapas tanggerang. Menceritakan berbagai pengalamannya mendidik anak-anak lapas. “pendidikan di lapas ini memiliki aura yang berbeda. Setiap anak memiliki latar belakang masa lalu yang berat. Mungkin banyak orang akan memandang mereka sebagai manusia yang menakutkan. Tetapi saya tetap menganggap mereka sebagai anak didik yang pantas mendapatkan pendidikan dan perhatian.”

Kegiatan pendidikan di lapas tidak ubahnya seperti sekolah umum lainya. Bahkan bisa dibilang pendidikan di lapas tanggerang ini memiliki kegiatan ekstrakurikuler yang lengkap dari kegiatan keagamaan, pertanian, peternakan, konveksi, otomotif, jurnalistik sampai seni.

Dengan adanya pendidikan di lapas ini, kita semua berharap bahwa anak-anak yang pernah menyandang status sebagai anak lapas ini bisa mendapatkan kesepatan hidup yang sama dengan anak-anak pada umumnya, memiliki kualitas hidup yang lebih baik dan tentunya menjadi manusia yang seutuhnya.

Advertisements

Posted on January 7, 2013, in artikel pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: