MENGENAL KONSEP METABOLISME DAN ENERGI (REVIEW)

Belajar biologi kelas XII, masih ingat saat itu membahas masalah mengenai metabolisme makhluk hidup. Salah satu pelajaran yang paling abstrak yang pernah saya temui. ternyata memang benar, sebagian besar siswa dan guru mengganggap pelajaran metabolisme merupakan konsep yang rumit dan abstrak.

Jadi, alangkah baiknya kita coba me-review konsep mengenai metabolisme. Tentunya agar lebih mudah dalam memahami seluruh konten materi yang disajikan dalam Bab ke-III kelas XII ini. cekedot..

Konsep Metabolisme dan Energi

Setiap sel yang hidup merupakan miniatur industri kimiawi, dimana ribuan reaksi kimia terjadi di dalam ruang mikroskopis. Keseluruhan proses kimiawi suatu organisme disebut metabolisme (dari bahasa Yunani metabole yang artinya “berubah”). Secara sederhana kita dapat mengangap metabolisme suatu sel sebagai suatu rangkaian reaksi-reaksi kimia. Reaksi kimia ini tersusun dalam jalur-jalur metabolisme yang diawali oleh substrat dan menghasilkan suatu produk akhir. Reaksi kimia ini terjadi sedemikian rumitnya dengan tujuan mengubah molekul-molekul kimia yang melibatkan peran enzim di dalamnya. Enzim mengarahkan aliran materi melalui jalur-jalur metabolisme dengan cara mempercepat setiap tahapan reaksi secara selektif. Analog dengan lampu lalu lintas yang mengontrol aliran lalu lintas dan mencegah kemacetan.

Image

Gambaran Jalur Metabolik (Campell et. all)

Secara keseluruhan, metabolisme dikaitkan dengan pengaturan sumberdaya materi dan energi dari suatu sel. Beberapa jalur metabolisme membebaskan energi dengan cara merombak molekul-molekul kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Proses perombakan ini disebut sebagai katabolisme. Dengan kata lain, katabolisme merupakan suatu rangkaian reaksi kimia yang substrat awalnya adalah molekul besar dan produk akhirnya adalah molekul kecil. Katabolisme memiliki dua fungsi utama, yaitu menyediakan bahan baku untuk sintesis molekul lain dan menyediakan energi kimia yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktivitas kehidupan baik tingkat seluler maupun tingkat individu. Sebagai contoh dari proses katabolisme adalah proses pemecahan nutrisi makanan oleh tubuh kita untuk mendapatkan energi.  Sebaliknya adapun proses anabolisme yang memakai energi untuk membangun molekul kompleks dari molekul-molekul sederhana. Suatu contoh anabolisme adalah pembentukan amilum melalui proses fotosintesis.

Advertisements

Posted on October 16, 2012, in materi pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: