STAF PIXAR PUN HARUS BELAJAR BIOLOGI

Turbulensi dalam film Finding Nemo, belajar fisika dan biologi

Sebagian besar orang terutama penggemar film animasi 3D pasti kenal rumah produksi animasi Pixar. Dalam setiap film yang diproduksi, perusahaan yang selalu menggunakan karakter-karakter murni hasil manipulasi komputer ini (Computer-Generated Imagery, CGI) dikenal sangat mementingkan detail. Sebagai salah satu contoh, saat membuat film “Finding Nemo”, Pixar memutuskan membuat gerakan ikan dan seluruh makhluk laut yang terlibat dalam film itu serealistis mungkin. Dan tahukah apa yang mereka lakukan? Tidak tanggung-tanggung, mereka menyewa seorang pakar morfologi untuk memberikan kuliah ikhtiologi (cabang ilmu biologi yang khusus mempelajari ikan) kepada seluruh staf Pixar.

Pixar memastikan setiap gerakan yang terjadi dalamfilm “Finding Nemo” realistis dan wajar. Semua gerakan itu bahkan disertai pula dengan gerakan sirip yang tepat, apakah itu mengepak atau mendayung yang bisa jadi tak semua penggemar film animasi 3D menyadarinya. Yah inilah kualitas dalam pembuatan sebuah film.

Bagi teman-teman yang duduk di bangku SMA pasti sudah tau mengenai cabang ilmu Biologi satu ini. Pelajaran mengenai cabang ilmu biologi ini dikenalkan untuk pertama kalinya di SMA kelas X  pada Bab pertama sebagai pengenalan dasar. Masih ingat nama Bab-nya?? yah bener, “Mengenal Biologi Sebagai Ilmu“. Dalam Bab ini terangkum beberapa materi seperti :

  1. Hakekat Biologi sebagai Ilmu Pengetahuan yang membahas mengenai sejarah dan definisi Biologi serta hakekatnya sebagai sebuah ilmu pengetahuan,
  2. Ruang lingkup Biologi yang membahas luasnya cakupan ilmu pengetahuan Biologi, objek kajian serta cabang-cabang ilmu Biologi, dan tentu
  3. Manfaat/pemanfaatan dari Ilmu Biologi itu sendiri.

Komitmen Pixar (dan Dreamwork) untuk menjadikan ilmu pengetahuan sebagai basis dalam setiap kerjanya patut kita apresiasi. Termasuk kita sebagai manusia pembelajar (pelajar) tentu bisa mengekspresikan bentuk apresiasi kita dengan cara giat belajar. Tidak dipungkiri, kita bisa mendapat manfaat dalam satu Bab Biologi saja, contohnya Bab di atas. So, tidak ada alasan lagi “buat apa belajar Biologi?!!”.

sumber :

Mizan.com | cracked.com

Advertisements

Posted on October 14, 2012, in artikel pendidikan and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: