PROCRASTINATION VS. ACTION

Hati-hati! Procrastination

Procrastination, ada yang pernah mendengar istilah ini?? Procrastination berasal dari bahasa inggris yang artinya menunda-nunda perkerjaan. Ternyata penyakit mental ini sangat berbahaya bagi semua orang. Waspadalah bagi teman-teman yang memiliki kebiasaan menunda-nunda pekerjaan.

Kenapa perlu diwaspadai??? Pertama saya ceritakan mengenai kisah seorang musafir yang ingin melakukan perjalanan ke kota lain. Berawal dari keinginannya untuk melakukan perjalanan pada subuh hari. Musafir ini berfikir untuk memulai perjalanan saat matahari sudah seperempat naik. Ia merasakan waktu subuh saat itu sangat dingin dan masih terlalu pagi untuk memulai perjalanan. Selain itu, dengan memulai perjalanan di subuh hari ia berfikir akan sampai di kota lebih awal. Sehingga pada akhirnya ia setuju dengan pemikiran awalnya untuk berangkat saat matahari sudah seperempat naik. Akhirnya, sinar merah matahari mulai terpancar sampai di depan rumah musafir ini, perlahan mengenai setiap jengkal teras dan pintu kayunya. Ia pun bergegas membereskan barang-barang.

Sebelum mengankat semua barang yang ingin ia bawa, kembali terbesit dalam pikirannya untuk mengurungkan niatnya memulai perjalanan. Ia berfikir jika ia memulai perjalanan maka saat siang hari ia akan merasakan panasnya hawa padang pasir. Pada akhirnya ia memutuskan untuk menunda lagi perjalanannya dan menungu siang lewat. Sehingga, saat perjalanan ia tidak akan merasakan panas teriknya matahari. Saat siang sudah lewat ia kembali mengurungkan niatnya untuk memulai perjalanan karena ia berfikir akan sampai di kota malam hari. Pada akhirnya teman-teman pasti bisa menebak…akhirnya musafir ini tidak jadi melakukan perjalanan. Sangat disayangkan Ia kehilangan waktu sehari yang sangat berharga. Padahal jika ia segera memulai perjalanan, seharusnya ia sudah sampai di kota hari itu juga. Akan tetapi, ia harus menunggu esok hari kembali untuk memulai perjalanan.

Nah tuh… menunda pada akhirnya menjadikan kita tidak melakukan sesuatu hal sedikitpun. Itulah bahaya sikap menunda-nunda pekerjaan.

Procrastination merupakan sabotase pemikiran terhadap kesuksesan

Dalam perjalanan hidup kita masing-masing, dari berbagai perencanaan yang kita susun, kita sering dihadapkan dengan berbagai macam pilihan. Memutuskan jalan mana yang paling baik untuk kita tempuh. Tentunya kita sudah mempertimbangkan berbagai resiko dan keuntungan sebelum kita melakukan tindakan. Akan tetapi, Apabila kita sudah mampu dan bisa, mangapa tidak untuk segara ‘action’ melakukan tindakan.

Menunda pekerjaan adalah berbohong kepada diri kita sendiri. Kita selalu mempunyai keinginan yang berlebihan terhadap diri kita, takut akan proses yang berjalan dengan tidak sempurna dan memutuskan untuk tidak segera melakukan sesuatu. Juga, membuat berbagai alasan untuk menyembunyikan kelemahan diri. Jika mental ini sudah tertanam dalam diri kita, maka sejak awal kita sudah gagal dalam berbagai perencanaan yang sudah kita buat. Inilah bentuk sabotase pemikiran terhadap sebuah kesuksesan karena kita sendiri pun tidak berani untuk segera mengambil langkah dan ‘action’ melakukan tindakan.

Bagi teman-teman muslim, ada satu ayat yang patut kita perhatikan bersama yaitu;

Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.” (At-Taubah: 105)

Ayat ini memberikan penjelasan kepada kita bahwa Sudah seharusnya seorang muslim senantiasa berikhtiar untuk mencapai tujuannya dan menyerahkan kembali semua hasilnya kepada sang Maha Kuasa.

Advertisements

About achmadanwar

Guru muda

Posted on May 31, 2012, in artikel sosial. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: